latency-format-stream

LOW-LATENCY STREAMING

Menggunakan latensi rendah untuk kebutuhan Live Aplikasi.

Low Latency:

dalam istilah jaringan, latency sering juga di sebut juga dengan delay (keterlambatan), atau untuk gampangnya yaitu waktu yang di butuhkan oleh paket data untuk berjalan satu titik ke titik lain.

Propagation:

Gampangnya bisa di artikan waktu yang diperlukan untuk sebuah paket untuk melakukan perjalanan antara satu tempat dan tempat lain dengan kecepatan cahaya.

Transmission:

Media itu sendiri (apakah serat optik, nirkabel, atau lainnya) memeliki delay yang berbeda beda. Ukuran paket menyebabkan delay / keterlambatan dalam perjalanan paket data.

RTMP

Real Time Messaging Protocol (RTMP) adalah protokol streaming dengan latensi rendah yang digunakan oleh Flash Player untuk memutar stream on-demand dan live.

Wowza Streaming Engine dapat melakukan Live Streaming atau VoD melalui protokol RTMP, dan dapat berisi beberapa saluran, seperti video, audio, dan data.

RTMP memelihara koneksi secara persistent, sehingga memungkinkan audio, video, dan data untuk berpindah antara Wowza dan klien Flash, untuk penggunaan seperti berikut ini:

  • Video chat
  • Ad insertion
  • Pay-per-view

RTSP/RTP

Wowza Streaming Engine mendukung streaming ke beberapa perangkat, seperti Android, set-top box, perangkat 3GPP, dan QuickTime dan VideoLAN VLC players:

  • Real Time Streaming Protocol (RTSP)
  • Real-time Transport Protocol (RTP)
  • MPEG-2 Transport Stream protocol (MPEG-2 TS)
  • RTP and MPEG-2 TS input and output over UDP and multicast

Apple HLS

Apple HTTP Live Streaming (HLS) adalah protokol media streaming untuk digunakan di perangkat iOS. Wowza Streaming Engine mendukung streaming bitrate adaptif langsung dan VOD menggunakan H.265 dan H.264 ke perangkat iOS dan Android, perangkat OTT, TV pintar, set-top box, dan pemain lain.

MPEG-DASH

Wowza Streaming Engine sepenuhnya mendukung pengiriman MPEG-DASH menggunakan H.265, H.264, dan VP9. DASH adalah format standar industri untuk streaming adaptif dinamis melalui protokol HTTP (DASH).

Adobe HDS

Adobe HTTP Dynamic Streaming (HDS) dikembangkan oleh Adobe untuk digunakan dengan aplikasi Flash Player. Wowza Streaming Engine dapat melakukan streaming konten langsung dan video sesuai permintaan ke Adobe Flash Player menggunakan protokol ini.

Smooth Streaming

Microsoft Smooth Streaming dikembangkan oleh Microsoft untuk digunakan dengan aplikasi pemutar Silverlight. Wowza Streaming Engine dapat melakukan streaming konten adaptif langsung dan video sesuai permintaan dalam format H.264, AAC, dan MP3 ke Microsoft Silverlight, perangkat Windows Phone, dan perangkat lain menggunakan protokol Microsoft Smooth Streaming.

Written by Mohammad Johan Rajabi
Saat ini bekerja di salah satu perusahaan Media Broadcasting nasional, di sela-sela kesibukan sebagai Chief Of IT, sering mengisi waktu dengan menulis seputar dunia IT dan Broadcast di beberapa website https://rajabi.me , https://alloperator.com dan https://www.arenastreaming.com

Leave a comment