Masa Depan Radio

Pada 2 November 1920, di luncurkan stasiun radio komersial pertama di dunia, KDKA (AM). Pada tahun 1933, Edwin Howard Armstrong berhasil mematenkan radio FM, dan pemilik radio mulai mengadopsi band FM dari akhir 50-an hingga 60-an.

Sekarang, sudah lebih dari dua dekade sejak munculnya teknologi radio internet seperti Icecast pada tahun 1998, memungkinkan stasiun radio konvesional seperti AM dan FM untuk menjangkau pendengar secara online.

Radio satelit juga mulai terkenal pada pergantian abad ke-21. Negara Norwegia menjadi negara pertama yang mematikan radio FM, negara Norwegia mendukung radio digital.

Beberapa tahun kebelakang pengamat khawatir bahwa munculnya layanan streaming musik On Demand, seperti AccuRadio, Apple Music, Spotify, dan lainnya, mungkin bisa menjadi pembunuh bisnis Radio, tetapi kita lihat sampai pada tahun 2019, Radio masih bertahan, dan mulai berbenah untuk menyesuaikan dengan gaya hidup.

Hari ini, mari kita periksa tren yang dapat membentuk masa depan radio.

Podcast terus tumbuh, dan pemilik Radio harus memperhatikan!

Sudah waktunya bagi stasiun radio untuk mengejar boom podcast sebelum industri menjadi terlalu besar, kompetitif, dan sulit dijelajahi. Berdasarkan statistik saat ini, jumlah podcast aktif sekarang lebih dari 700.000, dengan 29 juta episode podcast, dalam lebih dari 100 bahasa.

Bagian dari daya tarik podcast adalah bahwa layanan ini bersifat On Demand, sedangkan Radio live stream…, sehingga orang tidak bisa mengikuti acara yang ada di radio kalo mereka ketinggalan acara tersebut.

Stasiun radio perlu membuat serial Original Podcast atau mengarahkan kembali beberapa acaranya ke podcast. Ada banyak manfaat yang bisa di dapat, di antaranya :

  • menarik lebih banyak pendengar ke konten siaran mereka
  • membuat konten mereka selalu segar di denger..
  • memungkinkan pendengar untuk mengejar ketinggalan dengan program yang mereka lewatkan, dll.

Radio di semua perangkat

Jaman dulu untuk mendengarkan siaran radio haru melalui perangkat radio FM / AM. Sekarang, jaman sudah berubah, berkat adanya internet radio bisa di denger di mana-mana.

Sekarang Anda bisa mendengarkan radio melalui web, dan siaran langsung dari siaran tradisional di Smartphone, Consol Game, Smart TV, Di Mobile, Smart Speaker, dan banyak lagi! , penggunaan Smartphone mendorong lebih banyak podcast dan mendengarkan radio internet.

Internet Radio dan streaming musik sebagai masa depan hiburan di Mobil

Sebelum Booming radio Internet/ radio streaming, teknologi DAB ditetapkan dan di gadang gadang untuk mengambil alih stereo mobil ketika teknologi muncul di tahun 90-an dan awal 2000-an. Dibandingkan dengan AM / FM, telkonologi DAB menggunakan lebih sedikit bandwidth, memungkinkan lebih banyak frekuensi dalam spektrum yang sama dengan FM. Kualitas suaranya lebih baik.

Masalah yang timbul dengan DAB adalah adopsi. Sementara sebagian besar smartphone hadir dengan chip FM, smartphone pertama dengan chip DAB + adalah LG Stylus yang diluncurkan pada 2016. Sejak itu, tidak ada smartphone DAB yang menjadi headline. DAB bahkan telah di gosipkan akan mati duluan pada saat kedatangannya, karena sedikit yang mengadopsi telkonologi ini karena keterbatasan alat penerima dan tetek bengeknya.

Mobil penting untuk pendengar radio, penelitian menunjukkan bahwa setengah dari pendengar radio harian hanya mendengarkan di mobil mereka.

Masa depan tampaknya condong ke radio internet dan layanan streaming musik. Pabrikan mobil saat ini sudah melengkapi dash board mobil dengan sistem hiburan yang saat ini sudah ada fitur internet.

Bahkan perusahaan teknologi besar pun mengindahkannya.


Apple CarPlay memungkinkan Anda untuk menghubungkan iPhone Anda ke pemutar mobil menggunakan USB. Ini memungkinkan Anda untuk mengakses aplikasi Anda, mendapatkan petunjuk arah, membuat panggilan telepon, mengirim pesan, dll.

Untuk hiburan, Anda dapat menggunakan aplikasi seperti Spotify, iHeartRadio, radio CBS, Overcast, SlackerRadio, dan lainnya! Saat streaming, Anda akan menggunakan internet ponsel Anda.

Apple telah bermitra dengan semua produsen mobil besar, memungkinkan mereka untuk mendukung Car Play dalam sistem infotainment mereka. Beberapa mitra mereka termasuk Audi, Chevrolet, Ford, GMC, Honda, Hyundai, Jeep, KIA, Toyota, Subaru, Volvo, dan hampir semua merek mobil yang Anda kenal.

Android Auto, sistem dalam mobil Google, menawarkan fitur serupa dan lebih banyak aplikasi, termasuk TuneIn Radio.

Hambatan terbesar saat ini, satu hal yang menghambat penggunaan streaming media, adalah biaya data seluler. Tetapi ini mungkin akan segera berubah; tahun demi tahun paket data seluler semakin murah.

Dengan akan datangnya teknologi 5G dan ketika biaya data seluler tidak lagi menjadi masalah bagi pengguna, maka Anda dapat mengandalkan peningkatan streaming…

Jadi Bagi Anda pemilik Radio Konvesional AM /FM, segera lengkapi Radio Anda dengan fitur Radio Internet / Radio Streaming agar radio Anda bisa di dengar dari seluruh penjuru dunia.

Mau Bikin Radio Streaming dengan Harga Murah ?, Langsung WhatsApp saja ke 081381183087

Written by Mohammad Johan Rajabi
Saat ini bekerja di salah satu perusahaan Media Broadcasting nasional, di sela-sela kesibukan sebagai Chief Of IT, sering mengisi waktu dengan menulis seputar dunia IT dan Broadcast di beberapa website https://rajabi.me , https://alloperator.com dan https://www.arenastreaming.com

Leave a comment